Sumber Mata Air Panas di Tengah Hutan Jati


Haloo sobat, pada perjalanan kali ini ketumbar akan mengajak sobat semua untuk jalan-jalan ke sumber air panas nganget yang terletak di Desa Nganget, Desa Kedung, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban. Untuk dapat menikmati sumber mata air panas nganget ini sobat harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 6000/orangnya dan biaya parkir untuk mobil 5000 dan untuk motor sebesar 2000. Sumber mata air panas ini sangat unik sobat karena terletak di tengah-tengah hutan jati. 

Menurut legenda, Pada zaman itu ada seorang penjahat terkenal akan kesaktiannya yang berasal dari Kadipaten Demak, Jawa Tengah bernama Blancak Ngilo. Ketika itu dalam cerita ini dia bersama gerombolannya sedang mengembara ke Timur dan singgah ke Jatirogo hingga menyusuri desa-desa sekitar hutan di daerah kecamatan ini. Dalam perjalanannya dia mendengar jika saat itu Sunan Bonang sedang mengejarnya.

Perburuan Sunan ini terhadap dirinya, karena segala aktifitas sehari-hari dinilai kalangan wali saat itu bertentangan dengan syariat islam. Pada saat perburuan atau pengejaran memasuki hutan di daerah desa nganget ini kelompok Sunan Bonang kehilangan jejaknya. Disaat waktu sholat telah tiba Sunan Bonang dan anggotanya kesulitan mencari air untuk berwudl, akhirnya sunan boang menancapkan tongkatnya ke tanah . Alhasil lubangnya pun mengeluarkan air hangat.

Dari sinilah cerita ini akhirnya berkembang di masyarakat hingga sekarang. Maka lokasi ini dikenal dengan nama Sumber Nganget. Tapi yang aneh air hangat ini bau belerangnya tidak setajam dengan sumber air hangat di tempat lain. 

Sobat akan dapat mendapatkan dua manfaat sekaligus yakni yang pertama sobat dapat menikmati suasana khas hutan jati serta dapat mendapatkan khasiat saat berendam di kolam sumber mata air panas. Untuk fasilitasnya sendiri cukup lengkap, terdapat banyak toilet dan kamar ganti, sebuah masjid, arena outbond dan camping ground, warung-warung yang menjual berbagai makanan dan yang paling mantap adalah terdapat juga tempat untuk terapi pijat. Terdapat dua buah kolam, kolam yang pertama suhunya relatif lebih panas dan biasa digunakan untuk berendam, sedangkan kolam yang kedua suhunya panas juga tapi tidak sepanas kolam yang pertama dan pada kolam kedua pengunjung tidak diperbolehkan untuk berendam atau hanya boleh untuk bilas dengan menggunakan gayung.

Sumber Nganget ini selain sering dikunjungi masyarakat sekitar dan warga Tuban pada umumnya sumber nganget ini  juga sering dikunjungi oleh masyarakat luar kota. Yang sudah menjadi langganan berwisata sambil berobat di tempat tersebut yaitu warga sekitar Rembang-Jawa Tengah diantaranya dari kec.Sale, Pati, dan juga dari kabupaten Blora. Biasanya mereka datang berombongan bersama keluarga, kerabat dan tetangga sekitar.

Pemandian air hangat ini akan lebih terasa apabila anda berkunjung dimalam hari. Karena dengan hawa malam yang dingin dengan dipadukan panasnya sumber mata air disana menjadikan nuansa kehangatan yang bisa anda nikmati sebagai relaxasi tubuh jiwa dan terapi obat buat kesehatan sobat.  Yang wajib sobat coba saat berkunjung kesini adalah mencoba terapi pijatnya. Terdapat deratan para tukang pijat yang terdiri dari pria dan wanita dengan berbagai umur yang  bisa sobat pilih sesuai dengan selera. Lelah dan penat beban kehidupan karena padatnya rutinitas akan luntur bersamaan dengan gerakan urut dan pijatan di seluruh badan.

Jadi tunggu apalagi yuk main ke wisata sumber mata air nganget!




No comments:

Powered by Blogger.