Jajan Gongso Babat Alun-Alun Lama Ungaran



Halo sobat, Sudah pernah dengar apa itu Gongso Babat?

Jika sobat belum pernah dengar, Gongso Babat adalah salah satu jenis masakan khas jawa yang berbahan dasar babat atau jeroan sapi/kambing yang dipadukan dengan gongso yang rasanya manis,pedas, dan gurih. Nah langsung saja kali ketumbar akan mengajak sobat untuk mencicipi Gongso Babat ini di kawasan alun-alun lama ungaran, letak spesifiknya ada di Krajan, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kita akan makan di Warung Makan Pak To. Warung Makan ini berbentuk sebuah warung kaki lima yang berada di sekitar kawasan alun-alun lama ungaran. Selain menyediakan menu gongso babat, Warung Makan Pak To juga menyediakan berbagai macam menu nasi goreng, bakmi jawa, dan nasi pindang. Tapi kali ini ketumbar khusus mengajak sobat semua untuk mencoba menu gongso babatnya.

Kesan pertama datang, Warung Makan Pak To ini sangat ramai oleh pembeli. Para pembeli rata-rata datang bersama keluarga besar untuk menikmati waktu makan malam, akan tetapi tidak sedikit juga kaum jomblo pengelana seperti ketumbar ini yang datang kesana. Para kaum seperti ketumbar ini biasanya datang bersama dengan teman-teman dekatnya. Oke tidak berlama-lama ketumbar langsung memesan satu porsi Gongso Babat lengkap dengan nasi putih dan es teh. Tak lupa ketumbar juga menyempatkan melihat cara masak Gongso Babatnya nih sobat, tapi maaf nih sobat ketumbar gak bisa cerita cara masaknya karena gatau bumbu-bumbu apa yang digunakan hehe, jadi kita lanjut ke cerita pas udah jadinya aja ya….

Wangi semerbak khas rempah-rempah kuah gongso pun menyeruak ketika masakan yang ada di panci diangkat dan dihidangkan di piring. Efek kuatnya wangi itu sampai-sampai semua pembeli yang duduk menanti pesanan pada bersin-bersin sobat. Waktu yang ditunggu pu tiba sobat, pesanan ketumbar sudah datang. Oke langsung saja kita review Gongso Babat ini ya sobat !

Dari tampilannya Gongso Babat ini sangat menggugah selera sobat, terlihat kumpulan babat yang lumayan banyak, dibawahnya tersimpan potongan kol tau kubis dan tomat segar. Tak ketinggalan juga potongan babat, kol, serta tomat tadi diguyur dengan kuah khas gongso yang berwarna coklat kemerahan dan agak kental. Untuk rasanya, Gongso Babat ini memiliki rasa yang khas dari masakan jawa sobat yakni cenderung manis, pedas, dan gurih. Kenyalnya babat sapi dipadukan dengan kuah gongso yang manis, pedas, dan gurih akan sangat memanjakan lidah sobat semuanya deh, apalagi ditambah dengan nasi putih yang masih panas…beh mantep deh sobat, kalau kata orang semarangan wueenak puoll!!!

Satu porsi Gongso Babat dengan nasi dibandrol dengan harga Rp. 22.000,- sobat. Kalau menurut ketumbar itu harga yang pas, tidak terlalu mahal, sesuai dengan kantong mahasiswa jomblo kayak ketumbar ini lah pokoknya hehe. Oh iya Warung Makan Pak To ini buka pada malam hari ya, jadi jangan sampai sobat semua salah waktu datang kesini ya. Jadi kalau sobat semua sedang berkunjung ke Ungaran atau Kabupaten Semarang, sempatkan mampir dan mencicipi Gongso Babat ini ya, dijamin mantap sobat!

Panjang Umur Makanan Warisan Nusantara!
Ketumbar Jajan#4



No comments:

Powered by Blogger.