Nasi Goreng Babat Pak Tukul


Hola sobat! Panjang Umur Kuliner Indonesia!
yak itu opening untuk cerita ketumbar jajan yang baru hehe. Ketumbar kali ini jajan nasi goreng nih. Hayo siapa sobat yang belum atau gak pernah makan nasi goreng?. Ketumbar yakin sobat pasti pernah makan yang namanya nasi goreng atau mungkin jadi makanan sehari-hari sobat semuanya. Kalau sobat belum pernah sama sekali makan nasi goreng, ketumbar yakin sobat sedang tidak ada di Indonesia kita tercinta ini. Jadi segera sadarlah kalau sobat mungkin sedang berada di Zimbabwe atau Kepualauan Farau. Yap begitu identiknya makanan yang satu ini dengan Negara Indonesia tercinta ini sampai-sampai jika ada bule yang sedang diwawancarai apa makanan favorit dari Indonesia, pasti nasi goreng tidak pernah absen untuk disebutkan.

Mungkin sobat yang kesehariannya makan nasi goreng entah itu beli ataupun dibuatkan oleh emak kesayangan sobat pasti akan bertanya, Apa sih spesialnya dari cerita nasi goreng ketumbar kali ini???, aku kan juga sering makan, pasti rasanya juga gitu-gitu aja, bumbunya juga pasti sama tuh...
Oke oke sabar sobat, ketumbar akan ceritakan kenapa nasi goreng yang satu ini spesial dan berbeda menurut versi ketumbar.

Namanya adalah Nasi Goreng Pak Tukul yang merupakan salah satu dari banyak penjual nasi goreng yang ada di sekitar daerah Tembalang, Kota Semarang, dan warung Nasi Goreng Pak Tukul ini ketumbar nobatkan sebagai nasi goreng paling juara dan enak di Tembalang. Nasi Goreng Pak Tukul berada di Jalan Mulawarman Raya, Banyumanik, Kota Semarang. petunjuk arahnya adalah jika sobat dari kampus Undip Tembalang, cukup telusuri jalan Bajarsari Selatan sampai dengan sebelum Taman Tirto Agung, nah diantara itu sobat akan menemukan gerobak Pak Tukul yang berada di kanan jalan setelah Alfamidi. Nasi Goreng Pak Tukul ini buka pada malam hari, kira-kira pukul 17.30 WIB - sampai habis, tapi biasanya gak sampai tengah malem udah habis dan tutup sobat karena saking larisnya. Menu yang disediakan ada berbagai jenis nasi goreng, mulai dari nasi goreng ayam, telur, ruwet dan yang paling ketumbar suka adalah nasi goreng babat, selain itu juga terdapat menu bakmi jawa rebus dan goreng.


Ketumbar pesan nasi goreng kesukaan nih, Nasi Goreng Babat hehe. Nah ini nih kita mulai cerita apa yang membuat Nasi Goreng Pak Tukul ini spesial dan berbeda. Proses pembuatan tahap awal sama seperti biasanya, Pak Tukul mulai memanaskan minyak goreng diatas wajan yang mendapat energi panas dari bara arang. Tahap kedua ini yang berbeda sobat.  Jika kebanyakan nasi goreng itu menggunakan bumbu yang sudah dihaluskan, lain halnya dengan Pak Tukul beliau memotong bawang putih, bawang merah, cabai dan bumbu yang lainnya, lalu digeprek dengan kayu. Inilah yang membuat khas nasi gorengnya sobat karena bumbunya segar serta rasa dan aroma yang dikeluarkan pun juga sangat kuat. Tahap selanjutnya sama seperti pembuatan nasi goreng biasanya. Untuk lebih jelasnya sobat nanti bisa lihat sendiri video dibawah ya. 

Nasi Goreng Pak Tukul ini disajikan dengan porsi yang cukup banyak dengan tambahan potongan kubis, timun segar serta dua buah sate usus dan kulit. Untuk rasanya tidak usah diragukan lagi sobat, percaya deh sama ketumbar. Rasanya itu gurih, ada manisnya sedikit khas masakan Jawa Tengah serta pedas dari potongan kecil-kecil cabai rawit yang digeprek tadi, pokoknya mantaplah. Oh iya sobat juga bisa request untuk minta telur ceplok atau dadar. Yang unik dan asyik lagi adalah krupuknya sobat. Disediakan krupuk di dalam kaleng yang bisa sobat ambil sepuasnya. Jadi sambil nunggu pesanan datang sobat bisa nyemil-nyemil dulu krupuknya, dibawa sekalengnya juga boleh kalau sobat gapunya malu hehe.

Pak Tukul dalam berjualan ini dibantu oleh istrinya sobat. Beliau sudah lumayan lama berjualan nasi goreng yakni sekitar 10 tahun. Beliau berasal dari Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Harga satu porsi nasi goreng babat + es teh sebesar Rp. 20.000. Cukup pas lah dengan porsi danpotongan daging babat yang sangat banyak serta rasanya yang luar biasa. Ketumbar sarankan sobat jika mau kesini datang disaat yang tepat ya sobat karena terkadang antri yang lumayan lama. Hal itu menunjukkan bahwa ketumbar gak bohong sobat kalau Nasi Goreng Pak Tukul ini benar- benar juara. 

Jadi kalau sobat sedang berada di Tembalang, Kota Semarang jangan lupa untuk jajan ke Nasi Goreng Pak Tukul ya. Ketumbar jamin tidak akan mengecewakan. Oke segitu dulu cerita ketumbar jajan kali ini sobat, ikuti petulangan ketumbar jajan selanjutnya ya...

Salam Ketumbar
Panjang Umur Kuliner Indonesia!




No comments:

Powered by Blogger.