Semarak Semarang Introducing Market 2018



Semarang, 20 Mei 2018 - Ketumbar Jalan
Hola sobat! Ketumbar balik lagi nih. Kali ini ketumbar mau cerita tentang pengalaman ketumbar pada saat jalan-jalan ke Semarang Introducing Market 2018 pada tanggal 11 Mei 2018 kemarin. Semarang Introducing Market ini merupakan salah satu event tahunan untuk menyambut hari jadi Kota Semarang sobat. Event ini mempunyai konsep yang sangat unik dan kreatif yaitu sebuah acara yang memadukan antara UMKM Expo, Go-Food Corner, Photo Both, Street Live Music,Konser Musik, Lomba Foto Produk UMKM, Kids Competition, sampai dengan water lantern festival (festival lampion air). Acara tahunan ini diselenggarakan di Jalan Madukoro, Tawangmas, Kota Semarang, diadakan tepat di tepi aliran Banjir Kanal Barat. Acara tersebut berlagsung dalam tiga hari yakni pada tanggal 11-13 Mei 2018. Oke tanpa panjang lebar lagi ketumbar akan berbagi cerita ke sobat.

Pada awalnya ketumbar sama sekali tidak tahu dengan event ini, tapi sore hari setelah selesai kuliah tiba-tiba ketumbar ditawari oleh salah satu teman kuliah ketumbar yang bernama Mas Fawwaz untuk jalan-jalan bareng ke Semarang Introducing Market 2018. Tanpa pikir panjang dan perhitungan ketumbar langsung setuju dan ikut karena memang ketumbar pada waktu itu sedang gabut dan ingin refreshing setelah bimbingan proposal skripsi hehe. Tepat habis isya kami berangkat ke lokasi, oh iya ketumbar juga ditemani beberapa teman lagi yaitu Selvi, Vanis, Mas Anto, dan Budi. Ketika kami sampai di lokasi, ternyata sangat padat sekali arus kendaraan yang menuju ke arah acara. Hal tersebut menunjukkan betapa begitu antusianya warga Kota Semarang akan Event Semarang Introducing Market ini. Kami pun memilih memarkirkan motor kami di pinggir jalan yang agak jauh dari pintu masuk karena melihat padatnya kendaraan dan juga biar gampang nanti kalau mau pulangnya, biar gak kejebak macet hehe..ya walaupun konsekuensinya kami harus berjalan kaki lumayan jauh dari pintu masuk acara.

Ketika kami sampai di pintu masuk, kami langsung disambut dengan pintu gerbang tinggi bertuliskan Semarang Introducing Market 2018 yang dibalut dengan kilauan lampu-lampu berwarna kuning emas yang sangat semarak serta diiringi oleh alunan musik musisi jalanan angklung yang terdengar meriah membuat pengunjung ikut larut dalam kemeriahan. Tidak dikenakan biaya masuk apapun sobat untuk dapat menikmati suasana Semarang Introducing Market 2018 ini, cukup dengan membayar parkir tadi sebesar Rp. 2000,- saja. Sesudah memasuki pintu gerbang kami langsung disambut dengan padatnya lalu lintas orang-orang yang sangat antusias. Keadaannya sangat ramai sobat, penuh, dan berdesak-desakan. Akan tetapi hal tersebut tidak masalah dan menurunkan semangat kami menjelajahi setiap UMKM dan makanan yang ada hehe. Terdapat banyak sekali lapak UMKM se Kota Semarang mungkin dan aneka makanan serta minuman yang berjejer berderet kira-kira 200 meter lebih di sebelah kiri jalan di tepi aliran Banjir Kanal Barat. Yap bener sobat 200 meter lebih karena kami sampai tidak bisa mencapai ujung dari festival ini karena saking lelahnya untuk berjalan menyusuri setiap lapak UMKM dan Go-Food Corner hehe.


Cuaca sendiri pada waktu itu lumayan cerah dan terkesan agak panas dan gerah karena mungkin berada dekat pantai dan volume pengunjung yang membludak yang tidak diiringi dengan sirkulasi udara yang memadai. Bisa dikatakan kegiatan disana sangat banyak dan meriah sobat. Terdapat keanekaragaman produk dari UMKM dan Go-Food Cornernya, Street Live Music yang sangat atraktif dan lainnya. Oh iya selain dimanjakan dengan deretan lampu-lampu gantung yang melintang di sepanjang jalan, mata kami juga dimanjakan dengan berbagai macam bentuk lampion hias yang terapung di aliran Banjir Kanal Barat. Semua pengunjung larut dalam suasana malam di tengah sinar binar lampu-lampu festival yang menyala. Terlihat juga anak-anak yang fokus dan semagat untuk mengikuti lomba lukis seakan tidak terganggu dengan keramaian orang-orang yang lalu lalang dengan berdesak-desakan. 

Setelah puas menikmati suasana, kira-kira pukul 23.05 kami memutuskan untuk pulang. Pada akhirnya ketumbar tidak beli apa-apa sobat hehe karena begitu padatnya lalu lintas volume pengunjung yang membuat ketumbar agak malas dan sulit untuk mendekat ke lapak penjual makanan. Teman-teman ketumbar pun cuma beli minuman Thai Tea aja wkwk. Mesti sobat bertanya kan "Trus apa dong yang dilakukan ketumbar disana?". Yak ketumbar cuma sibuk buat rekam-rekam, foto-foto serta duduk-duduk menikmati indanya lampion air dan kembang api hehe.

Mungkin itu aja yang dapat ketumbar ceritakan untuk kali ini. Kunjungi Kota Semarang ya sobat! karena banyak sekali kegiatan yang dapat sobat lakukan di Kota Semarang. Terdapat banyak festival budaya tahunan yang diselenggarakan dan tentunya banyak makanan-makanan khas nya yang akan memanjakan lidah sobat semuanya. Jadi yok mampir ning Semarang!!!
Salam Ketumbar !


No comments:

Powered by Blogger.