Destinasi Wisata Unggulan Lereng Lawu


Ketumbar Journey - Blora, 22 Juni 2018
Lokasi : Kab. Magetan, Jawa Timur, Indonesia

Hola sobat! 
Pada perjalanan kali ini ketumbar akan mengajak sobat untuk menjelajahi destinasi wisata unggulan yang ada di Kabupaten Magetan, Yap kali ini kita akan berpetualang di area sekitar lereng Gunung Lawu. Tanpa basa-basi lagi yuk mari kita jelajahi !

Kita awali cerita petualangan kali ini dari Telaga Sarangan. Warga Magetan tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu tempat wisata yang menjadi kebanggaan Kabupaten Magetan ini. Telaga Sarangan atau warga setempat menyebutnya dengan Telaga Pasir ini merupakan salah satu destinasi wisata unggulan dan sudah lama ada yang diusung oleh Pemerintah Kabupaten Magetan. Berdasarkan administratif Telaga Sarangan berada di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Indonesia dan berada pada ketinggian 1200 MDPL. Letaknya yang berada pada lereng kaki Gunung Lawu menjadikan Telaga Sarangan memiliki udara yang dingim dan sejuk serta menyajikan pemandangan khas pegunungan yang indah dengan deretan pegunungan yang berbaris rapi mengelilinginnya ditutupi oleh hamparan pohon pinus yang rimbun dan segar.

Tiket masuk ke kawasan wisata Telaga Sarangan sebesar Rp. 20.000,-/orangnya. Cukup mahal sih, tapi gapapalah karena ketumbar udah jauh-jauh dan memang niat untuk menikmati kawasan Wisata Telaga Sarangan ini. Walaupun tiket masuknya cukup mahal , akan tetapi Telaga Saranga tetap penuh akan pengunjung seperti pada saat libur lebaran sekarang ini. Pada saat masuk sobat akan langsung disambut dengan deretan pedagang yang menjajakan beragam souvenir, kaos-kaos, makanan khas tradisional sampai dengan bunga dan sayur dan buah-buahan segar.Oh iya sobat juga harus berhati-hati ketika berjalan berkeliling Telaga Sarangan karena banyak terdapat kuda-kuda pembawa wisatawan berkeliling yang lalu lalang di sepanjang jalan sekitar telaga.

Banyak aktivitas yang dapat sobat lakukan di Telaga Sarangan, diantaranya adalah berkeliling telaga dengan jalan kaki santai, naik speedboat, dan kuda. Sobat juga dapat duduk-duduk santai di tepi telaga sambil menyantap sate kelinci dan mengamati hiruk pikuk speedboat yang seakan seperti berlomba dalam adu kecepatan untuk mendapatkan teriakan adrenalin dari penumpangnya. Bagi sobat yang hobi belanja jangan khawatir, sobat bisa puas survey dan berburu aneka souvenir dan oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang karena banyak sekali pedagang souvenir di sekeliling Telaga Sarangan. 

Fasilitas yang disediakan pun juga cukup lengkap, terdapat banyak penginapan yang berjejer di tepi telaga dengan kelengkapan akomodasi dan harga yang beragam jika sobat ingin bermalam dan merasakan hawa dingin malam khas Gunung Lawu. Pada intinya telaga sarangan ini cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga, hangout dengan teman-teman atau beromantis ria dengan pasangan. Pokoknya indah dan romantis banget deh sobat!

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Telaga Sarangan akan tetapi tidak sekalian main ke air terjun yang ada di dekat sekitar kawasan wisata Telaga Sarangan..Yap mari kita let's go ke destinasi selanjutnya yakni Air Terjun Ngadiloyo.


Air Terjun Ngadiloyo terletak pada Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Letaknya tidak jauh dari lokasi telaga, sobat cukup berjalan kurang lebih 10-15 menit dari pintu gerbang Telaga Sarangan ke loket Air Terjun Ngadiloyo, intinya loketnya ada di dekat monumen pesawat terbang yang ada di pinggir telaga sobat. Tiket masuknya sebesar Rp. 7.000,-/orangnya. Ketika habis membayar di loket, sobat akan langsung disambut oleh para tukang ojek yang menawarkan jasa tumpangan untuk sampai ke desa yang merupakan pintu masuk jalur tracking. Jasa ojek yang ditawarkan sebesar Rp. 10.000,-/ orang, harga tersebut bisa lebih murah jika sobat pintar dan mau untuk menawar. Ketumbar sarankan sobat untuk naik ojek saja karena jarak dari loket menuju ke desa cukup jauh yakni 2.000 meter. Tapi kalau sobat yang ingin hemat dan mempunyai hobi tracking, sobat dapat dengan santai jalan kaki menikmati suasana jalur tracking. 

Ketika sudah turun dari ojek, sobat akan langsung disambut oleh suasana lembah yang indah serta jalur tracking yang sudah beton atau cor. Nah dari sinilah sobat harus meniapkan fisik yang prima untuk tracking menuju ke lokasi air terjun. Tenang saja, di sepanjang perjalanan sobat akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa diantaranya, terdapat hamparan kebun sayuran dan buah warga serta barisan pegunungan dan bukit yang tertutupu oleh karpet pinus yang hijau dan sejuk di sepanjang jalur tracking. Sobat jug akan ditemani oleh suara aliran air yang dingin yang akan memberikan efek rileksasi. Sobat pun juga tidak usah khawatir jika sobat capek di tengah-tengah perjalanan karena terdapat banyak warung yang menyediakan makanan dan minuman serta tempat untuk beristirahat. Mushola dan toilet pun juga ada, jadi fasilitas yang ada sudah cukup baik dan memuaskan.

Letaknya yang berada pada ketinggian 600 MDPL dengan suhu 22 derajat celcius membuat Air Terjun Ngadiloyo memiliki potensi flora dan fauna yang beragam, diantaranya kayu towo, puspa, pinus, jabon dll. Sementara jenis fauna yang ada di dominasi oleh jenis burung yang suaranya dapat sobat dengarkan di sepanjang jalur tracking. 

Air Terjun Ngadiloyo memiliki ketinggian sekitar 50 meter, mengalir turun ke bawah melalui celah yang diapit oleh batu-batu terjal. Kolam airnya pun seakan ditopang oleh pondasi beton berundak ysng mrnjadikan Air Terjun Nadiloyo seakan terlihat bertingkat jika dilihat dari kejauhan. Airnya juga sangat dingin dan cocok untuk menyegarkan wajah dan rileksasi dari pnatnya aktivitas. Lelahnya perjalanan dijamin akan terbayar  ketika tubuh telah merasakan hempasan dinginnya aliran Air Terjun Ngadiloyo. Ada sesuatu hal unik yang ketumbar temui ketika tiba di lokasi air terjun yakni pada minuman botol yang dijual pedagang disana. Saking dinginnya air dan udara, para pedagang disana pun tidak memerlukan es batu untuk mendinginkan minumannya, akan tetapi minuman tersebut cukup direndam di dalam sebuah kotak yang telah dialiri oleh air dari Air Terjun Ngadiloyo. Sobat juga tidak perlu khawatir jika kelaparan setelah menempuh jalur tracking yang cukup jauh dan melelahkan karena di dekat bibir kolam air terjun banyak terdapat pedagang sate dan makanan lainnya yang siap untuk mengisi tenaga sobat kembali. 

Secara keseluruhan kedua objek wisata ini sangat ketumbar rekomendasikan untuk sobat yang sedang berkunjung ke Kabupaten Magetan. Sobat tidak akan kecewa dengan suasana alam yang diberikan serta ketenangan jiwa yang sobat dapatkan nantinya. Jadi tunggu apalagi yuk jelajagi beragam wisata di Kabupaten Magetan!

Oke mungkin itu aja yang dapat ketumbar ceritakan pada kesempatan kali ini, sampai ketemu pada cerita dan petualangan ketumbar dengan destinasi selanjutnya ya sobat...see you.
Salam Ketumbar!



2 comments:

Powered by Blogger.