Bunakennya Klaten! - Jernih dan Segarnya Umbul Ponggok


Kabupaten Klaten- 4 Maret 2018, Halo temen-temen, pada perjalanan kali ini saya ditemani oleh temen-temen kuliah satu jurusan saya yaitu Ikhzan Zirgantara, Adi Nur Fatah, dan Mboot. Kami berangkat dari Tembalang, Semarang sekitar jam 09.00 WIB dan sampai disana sekitar jam 10.30 WIB, jadi kurang lebih satu setengah jam perjalanan dari Semarang. 

Umbul Ponggok ini sendiri terletak pada Desa Ponggok yang berada di Kecamatan Polan Harjo, Klaten, Jawa Tengah. Menurut cerita umbul itu sudah ada sejak ratusan tahun silam, dan keberadaan umbul Ponggok pada masa penjajahan Belanda berfungsi untuk pengairan perkebunan, dan di tahun-tahun terakhir ini dipergunakan juga untuk tempat wisata air. Umbul sendiri dalam bahasa jawa dapat diartikan sebagai mata air, sedangkan ponggok adalah nama desa tempat mata air itu berada. 

Jika kita lihat dari luar umbul ponggok ini seperti sebuah kolam renang persegi yang cukup luas, dikelilingi pagar dan letaknya persis berada di pinggir jalan raya. Tempat parkir untuk kendaraan terletak dekat dengan lokasi umbul ponggok tapi agak masuk ke gang perkampungan warga yang sempit, sehingga skill mengemudi akan sedikit dibutuhkan untuk parkirnya. Untuk dapat menikmati dunia bawah air umbul ponggok ini kita dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 15.000 / orang. Setelah kita masuk kita akan langsung disambut dengan tempat persewaan alat-alat snorkeling dan diving. 

Hal yang pertama harus kita lakukan adalah kita harus menyewa semacam sebuah tempat penitipan atau loker untuk menyimpang barang-barang kita sebelum kita berenang, dan di dekat loker tersebut juga terdapat fasilitas untuk kamar mandi, jadi kita menitipkan barang juga sekaligus bisa ganti baju dan bilas. 

Seelah kita menitipkian barang kita di loker, saya sarankan temen-temen yang tidak terlalu jago berenang untuk menyewa peralatan snorkelingnya seperti pelampung, kacamata snorkeling, dan yang lainnya karena umbul ponggok ini cukup dalam sekitar 2 meter lebih. Untuk dapat menyewa perlatan tadi kira-kira kita akan menghabiskan uang sebesar Rp. 35.000,-.Setelah peralatan kita lengkap kita siap untuk menikmati indahnya dunia bawah air umbul ponggok dan bergaya dengan ikan menggunakan kamera bawah air favorit temen-temen. 


Jika temen-temen tidak membawa atau mempunyai kamera air, jangan khawatir karena pihak pengelola menyediakan persewaan juga untuk menyewa kamera bawah air serta fotografernya sekalian. Fasilitas lainnya adalah disediakan juga peralatan untuk diving dan scuba diving. Keunggulan umbul ponggok yang pertama adalah airnya yang sangat jerni dan segar sehingga kita dapat melihat jelas dengan jelas ikan-ikan yang hidup disana. Kedua adalah ikan-ikannya yang benayak dan beragam, saya sempat kaget ketika menemui beberapa ikan tersebut, ternyata ada jenis ikan seperti bawal yang berwarna hitam dengan ukuran yang lumayan besar berenang bergerombol, tapi jangan khawatir kalau ikan-ikan tersebut galak apalagi menggigit karena ikan-ikan tersebut akan berenang dengan cuek dan mendekati kita ketika kita menebar makanan ikan. Yang ketiga adanya wahana foto yang aneh, menarik, dan beragam mulai dari ayunan, becak, sampai beragam jenis tipe motor ada disana. 

Temen-temen juga tidak perlu khawatir kelaparan, karena di dalam umbul ponggok terdapat banyak penjual yang menyediakan berbagai makanan. 
Jadi temen-temen yang mungkin ingin mengahabiskan akhir pekannya dan ingin merasakan segar dan serunya sensasi berenang bersama ikan dan berfoto dengan objek-objek yang menarik di bawah air temen-temen dapat berkunjung ke umbul ponggok ini. 


No comments:

Powered by Blogger.