Uniknya Spot Foto Tersembunyi Gumuk Reco


Semarang, 26 Maret 2018 - Holaaa sobat ketumbar! Kali ini ketumbar mengajak sobat jalan-jalan nih ke spot foto tersembunyi yang masih belum banyak diketahui orang-orang yakni bernama Gumuk Reco. Tempat Wisata yang kita kunjungi ini tergolong masih baru, menurut penuturan warga yang mengelola tempat tersebut Wisata Gumuk Reco ini baru diresmikan pada bulan november tahun 2017. Lokasi Gumuk Reco ini berada pada Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

 Untuk dapat sampai ke Gumuk Reco sobat dapat melewati jalur lingkar ambarawa sambil menikmati indahnya pemandangan rawa pening dan bukit-bukit yang menjadi latar alami yang akan semakin membuat sobat takjub dan terpesona akan indahnya karya Sang Pencipta, lalu jika sobat sudah sampai pada perempatan Banyubiru, sobat bisa langsung belok ke kiri ke arah Pusdik Binmas Polri, setelah itu sobat cukup mengikuti petunjuk jalan yang ada saja atau kalau sobat gak mau ribet, sobat juga bisa mengaktifkan Google Maps saja dan walaaa sampailah sobat ke lokasi tempat wisata Gumuk Reco! berikut penampakan dari pintu masuk Tempat Wisata Gumuk Reco.

  warung yang tertata rapi di depan lokasi pintu masuk

Sobat juga perlu memperhatikan soal akomodasi yang sobat pakai karena jalan menuju lokasi Gumuk Reco merupakan jalan desa yang sempit dan banyak terdapat tanjakan yang cukup terjal serta jalan-jalan yang berbelok-belok. Ketumbar sarankan sobat menggunakan motor dengan kondisi yang prima atau jika sobat mengendarai mobil, sobat bisa menitipkannya ke halaman rumah warga lalu minta tolong ojek untuk mengantarkan sampai ke lokasi, tapi kalau sobat pemberani dan merasa skill mengemudi sobat mumpuni, sobat bisa saja coba untuk naik sampai ke lokasi. Akan tetapi selama perjalanan kemarin ketumbar belum pernah lihat mobil yang sampai ke atas wkwk. 

Ketika masuk ke lokasi, sobat akan langsung disambut dengan deretan warung-warung warga yang menyediakan berbagai makanan dan minuman, mulai dari indomie, makanan ringan, kopi, teh, sampai coklat panas. Kalau ketumbar kemarin cukup memesan coklat panas sambil menyiapkan perlatan kamera sebelum masuk. Oh iya hampir lupa, Dalam perjalanan kali ini ketumbar ditemani oleh sobat kuliah ketumbar yakni Alif Dolken dan Joshua Fernando. Tiket masuknya sangatlah terjangkau, sobat cukup mengeluarkan uang Rp. 5.000,-/orang dan Rp. 2.000,- /per kendaraan. Tidak mahal kan? untuk itulah ketumbar mengajak sobat untuk mengunjungi Gumuk Reco ini karena selain untuk refreshing , sobat juga dapat membantu menumbuhkan perekonomian warga disana, mantap kan :)

Ketika memasuki pintu gerbang sobat akan langsung disambut dengan jalan setapak yang sudah di cor semen dan tertata rapi serta sobat akan disambut dengan deretan pohon pinus yang bersahaja. Tidak perlu berjalan lama sobat akan langsung disapa oleh pemandangan jurang, tebing-tebing kokoh, pemandangan rawa pening, dan tentu saja spot-spot foto yang keren.

Ketumbar kemarin sempat kaget karena ketika tiba langsung disambut dengan teriakan orang yang sedang mencoba wahana foto disana wkwk. Yap betul itulah wahana foto AYUNAN LANGIT yang menjadi primadona untuk berfoto dengan sudut pandang yang unik!. Total terdapat sekitar 7 spot yang dapat sobat explore untuk mendapatkan foto yang ciamik. Diantaranya terdapat Jembatan Kepompong, Ayunan Langit, Flying Fox, Spot Sarang Burung, serta berbagai gardu pandang serta tulisan kalimat-kalimat yang unik. Tidak semua spot foto dapat sobat nikmati dengan gratis. Ada 3 spot yang mengharuskan sobat membayar lagi jika ingin berfoto dengan spot tersebut diantaranya, jembatan kepompong, ayunan langit, dan flying fox. Tarifnya sendiri mulai dari Rp. 10.000,- sampai dengan Rp. 15.000,- , hal tersebut wajar karena digunakan untuk biaya perawatan peralatan keamanan yang akan sobat gunakan untuk berfoto di spot tersebut.


jembatan kepompong

Untuk fasilitas yang tersedia sendiri cukup bagus. Sudah terdapat mushola atau aula yang terbuat dari kayu dan anyaman bambu sepertinya serta fasilitas toilet yang cukup bersih. Yang ketumbar kagum dari Gumuk Reco adalah kebersihannya yang terjaga, disana banyak disediakan tempat sampah, dan yang bagus lagi adalah sistem penataan pedagangnya yang rapi, jadi para pedagang hanya terdapat di luar pintu masuk lokasi sedangkan di dalam lokasi bersih dari pedagang.

Ketumbar coba semua wahana yang ada disana wkwk dan ternyata cukup untuk sobat merasakan sensasi adrenalin yang naik ketika berfoto di spot ayunan langit khususnya. Sobat tidak perlu khawatir untuk mencoba spot foto yang ekstrem karena keamanan sobat akan terjamin karena menggunakan perlatan pengaman yang memadai. Petugas juga akan sangat ramah memandu sobat untuk mendapatkan angel foto yang bagus. Akan tetapi yang masih kurang disana mungkin tidak menyediakan sewa untuk kamera, jadi sobat wajib membawa kamera sendiri.


spot sarang burung

Mungkin itu saja sobat yang dapat ketumbar ceritakan ke kalian semua. Kesimpulannya Gumuk Reco ini bisa menjadi alternatif sobat semua untuk menghabiskan akhir pekan dan berburu foto-foto yang keren untuk mengisi halaman instagram kalian wkwk dijamin instagramable!. Okay sampai ketemu di perjalanan selanjutnya ya sobat. Majukan dan kunjungi wisata lokal Indonesia karena dengan itu kita dapat memajukan pertumbuhan ekonomi lokal yang ada disana dan nantinya akan berdampak juga pada kesejahteraan masyarakat setempat. Terimakasih sobat, Salam Ketumbar! 


No comments:

Powered by Blogger.