Potensi Luar Biasa Pantai Baruna, Semarang


Holaa sobat..

Semarang, 28 April 2018  
Ketumbar Journey balik lagi nih. Pada kesempatan kali ketumbar akan mengajak sobat untuk berpetualang ke Pantai Baruna yakni sebuah pantai yg cukup menarik dan menyimpan sejumlah potensi di pesisir utara Kota Semarang. Pantai Baruna ini secara detailnya terletak di Bringin, Tanjung Mas, Semarang Utara, Jawa Tengah. Atau kalau sobat bingung, sobat dapat dengan mudah mencarinya melalui google maps, dijamin pasti ketemu. Pantai Baruna ini jika diperhatikan terletak persis di sebelah timur Pantai Marina dan hanya dipisahkan oleh sebuah muara dari aliran Banjir Kanal. 

Untuk dapay masuk ke dalam kawasan Pantai Baruna ini sobat cukup membayar biaya masuk sebesar Rp. 3.000,- / orang yang dapat sobat bayarkan kepada satpam yang berjaga di depan pintu masuk kawasan Pantai Baruna, karena sejatinya Pantai Baruna ini bukan merupaka sebuah kawasan wisata sobat, akan tetapi sebuah pantai tersembunyi yang terdapat di dalam atau dekat kawasan industri dan pabrik. Jarak antara pintu masuk dan lokasi pantai cukup jauh dan lumayan memerlukan perjuangan yang ekstra karena di sepanjang perjalanan sobat akan melewati sempitnya dan terjalnya jalan tanah, melewati beberapa kandang-kandang kambing dan itu membuat sobat harus menahan nafas sejenak untuk tidak pingsan wkwk. Tidak hanya itu, sobat juga akan melewati jalanan berlumpur yang ekstrim. Disinlah sobat harus berhati-hati karena disamping jalan yg berlumpur itu sudah berbatasan langsung dengan muara yang ketinggian airnya hampir sama dengan jalan. Tapi jangan khawatir sobat, karena titik jalan yang berlumpur tadi cuma ada dua.

Pantai Baruna belakangan ini juga lagi nge-hits sobat. Banyak para netijen instagram yang mengupload fotonya yang berlatar keindaham suasana Pantai Baruna dari berbagai sudut pandang. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat potensi luar biasa dari Pantai Baruna ini. Berbeda dari pantai lainnya, Pantai Baruna ini tergolong unik karena tidak mempunyai hamparan pasir pantai yang luas seperti pada pantai kebanyakan, akan tetapi kekurangan itu digantikan oleh kelebihan-kelebihan yang dimilikinya yakni terdapat hamparan padang ilalang yang luas serta deretan beton pemecah ombak yang ikonik. Banyak kegiatan yang sobat bisa lakukan di Pantai Baruna ini diantaranya adalah melihat dan mengamati sunset, memancing, dan juga fotografi. 

Para pemancing yang sedang asyik berburu ikan

Pantai Baruna juga memiliki nilai sejarah tersendiri lho sobat. Disana terdapat sebuah monumen yang  bernama Monumen Ketengangan Jiwa. Monumen tersebut kabarnya dibangun oleh pemerintah jepang pada saat itu untuk mengenang ratusan tentara jepang yang terbantai pada saat peristiwa pertempuran lima hari di Semarang yang kabarnya para mayatnya dibuang di aliran Banjir Kanal yang bermuara ke Pantai Baruna. Waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai baruna adalah pada sore hari sekitar pukul 15.00 WIB - 17.30 WIB karena pada waktu tersebut cuaca sudah teduh dan merupakan waktu yang tepat untuk melihat indahnya sunset. Pada waktu tersebut juga merupakan waktu yang pas untuk berfoto ria karena cahaya juga sedang bagus-bagusnya.

Tapi ingat ya sobat, jangan terlalu kemalaman karena jalan pulang sangat gelap dan tidak ada sumber pencahayaan selain lampu dari motor kalian pribadi. Pantai Baruna ini hanya bisa diakses dengan motor karena jalannya sangatlah sempit dan hanya cukup untuk satu kendaraan bermotor. Pada intinya ketumbar puas dan senang akan keindahan Pantai Baruna ini, yang perlu diperbaiki lagi adalah akses jalannya. Sangatlah disayangkan jika potensi yang ada di Pantai Baruna ini tidak diangkat sobat, soalnya sunset dari Pantai Baruna ini bagus banget, seriusan ketumbar enggak bohong. Jadi untuk sobat yang pengen menikmati sunset, mancing, dan mencari spot foto kece yang instagramable, Pantai Baruna juga bisa menjadi pilihan. 

Yuk ke Pantai Baruna !
Okay mungkin itu aja cerita yang bisa ketumbar bagi kali ini sobat, nantikan perjalanan ketumbar selanjutnya ya...Salam Ketumbar!


No comments:

Powered by Blogger.