Nikmatnya Lontong Tahu Pasar Blora Yang Legendaris



Semarang, 3 April 2018 - Holaaaa sobat ketumbar!!! Pada kesempatan kali ini ketumbar pengen ngajak sobat jajan nih yaitu jajan Lontong Tahu Khas Blora. Oh iya pada cerita kali ini ketumbar ditemani oleh Bayu Mahendra yang merupakan sahabat ketumbar sejak masih mengaji di TPQ Al-Kautsar Sawahan Blora wkwk. Oke langsung saja ya kita mulai ceritanya..

Ketumbar jajan lontong tahu Blora waktu itu pada hari Sabtu, tanggal 31 Maret 2018 yakni pada saat ketumbar pulang kampung..iyap benar ketumbar berasal dari Kabupaten Blora Jawa Tengah. Lontong Tahu Blora sendiri merupakan salah satu dari berbagai makanan khas yang ada di Kabupaten Blora. Sobat dapat menemui pedagang lontong tahu di berbagai sudut Kabupaten Blora pada siang dan malam hari. Akan tetapi kali ini ketumbar mengajak sobat untuk mencicipi lontong tahu yang menurut ketumbar merupakan legendaris dan rasanya yang khas yaitu di dalam Pasar Blora Kota. 

Untuk menuju kesana sobat bisa langsung berjalan ke Jalan Jenderal Gatot Subroto Blora. Setelah sampai di Pasar Blora Kota, sobat harus memarkirkan dahulu kendaraan sobat, lalu masuk saja ke dalam pasar melalui pintu masuk sebelah utara pasar. Tidak jauh untuk menemukan makanan khas Blora ini sobat, dari pintu masuk sobat cukup berjalan lurus sekitar 10 meter, lalu langsung saja belok ke arah kiri dan walaaa sobat akan langsung menemukan deretan para penjual lontong tahu khas Blora. Terdapat sekitar 10 penjual lontong tahu yang ada disana dengan berbagai warna gerobak dan tempat duduk yang khas. Ketumbar memilih untuk makan di salah satu penjual yakni di lontong tahu Mbak Yuli. Uniknya dari pedagang lontong tahu yang ada di Pasar Blora Kota ini adalah mereka telah berjualan selama puluhan tahun hingga diturunkan dari generasi ke generasi, jadi bisa dibayangkan kan gimana eksisnya cita rasa dari lontong tahu ini?? pastinya gausah diragukan lagi sobat.

Penampakan bahan bumbu kacangnya sobat 

Bahan dasar dari lontong tahu ini ada lontong yang pertama, lalu tahu putih yang digoreng tidak terlalu matang, dan taoge (kecambah) serta diguyur dengan bumbu kacang yang khas dari Blora. Bumbu kacangnya sendiri dibuat dari kacang tanah sangrai yang dihaluskan, ditambah dengan bawang putih, cabe rawit, kecap cair, dan diberi perasaan jeruk pecel. Semua bahan tersebut dihaluskan menggunakan ulegan yang terbuat dari anah liat dan kayu sepertinya hehe maaf ketumbar agak lupa. Terlihat cekatannya tangan Mbak Yuli sebagai penjual lontong tahu dalam meracik bumbu kacang tersebut. Setelah bahan dasar dan bumbu dicampurkan, sebagai pemanis dan penambah cita rasa ditambahkan butiran kacang tanah goreng, bawang goreng, dan potongan bawang goreng..dan walaaa Lontong Tahu Blora siap untuk disantap sobat! Dan uniknya lagi lontong tahu Blora ini disajikan dengan pincuk daun jati sehingga sobat akan merasakan sensasi makan yang berbeda  dengan piring daun jati. Lontong Tahu Pasar Blora ini dapat sobat kunjungi dan cicipi pada pukul 08.00 WIB sampai dengan kurang lebih pukul 12.30 WIB. Harga dari lontong tahu ini seharga Rp. 9.000,-/porsi , tempe goreng Rp. 1.000,-/potong, dan es teh atau teh seharga Rp. 2.000,-. Cukup terjangkau kan sobat! Dijamin rasanya mantap  sobat! 

Jika sobat sedang berkunjung ke Kabupaten Blora, hukumnya wajib buat sobat untuk mencoba kuliner khas Blora yang satu ini. Lontong tahu ini juga merupakan kuliner kesukaan ketumbar lho sobat, yakin haha soalnya rasanya yang nikmat dan bumbu kacangnya itu lho....luar biasa khas nya!
Jadi tunggu apalagi, yuk ke Blora dan rasakan Lontong Tahu nya!!!
Mungkin itu aja yang dapat ketumbar ceritakan untuk kali ini sobat, stay traveling, stay hungry, and keep learning the culture! Salam Ketumbar....


No comments:

Powered by Blogger.